10 Kastil dan Istana Terindah Di Dunia

Oke kakanda/kakandawati sekalian kali ini gue mau ngeshare tentang 10 Kastil terindah di dunia menurut guee yang gue baca dan kutip dari beberapa sumber…

1. Alhambra Castle

Alhambra

Alhambra adalah sebuah istana dan komplek benteng yang terletak di Granada, Andalusia, Spanyol. Istana ini dibangun pada pertengahan abad ke-10 oleh Berber Raja dan penguasa Badis ben Habus Kerajaan Granada di al-Andalus, menempati puncak bukit Assabica di perbatasan tenggara kota Granada.  Alhambra telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, dan menjadi inspirasi bagi banyak lagu dan cerita. Sebagian besar bangunan istana berbentuk quadrangular, dengan semua kamar terbuka kearah sebuah lapangan pusat, dan  terhubung satu sama lain dengan kamar yang lebih kecil atau jalan kecil. Dekorasi terdiri dari, dedaunan tradisional, inskripsi Arab, dan pola geometris tempa, dan bentuknya hampir arabic-arabic gitudehh. Ubin yang telah dicat sebagian besar digunakan sebagai panelling untuk dinding. Gokil Indah banget nih Istana jadi pengen nginep disanaaa…… :D

2. Alnwick Castle

Alnwick-Castle-1280x851

Jika Anda datang ke Newcastle upon Tyne, Inggris, jangan lupa singgah di salah satu kastil terbesar di dataran Kerajaan Inggris. Namanya Kastil Alnwick. Kastil ini merupakan kastil terbesar kedua yang masih didiami di Inggris setelah Kastil Windsor. Kastil Alnwick menjadi tempat tinggal the Percys, Earls, dan Dukes of Northumberland sejak 1309. Kemunculan pertama Kastil Alnwick sebetulnya diketahui setelah 1096 ketika Yves de Vescy menjadi Baron of Alnwick dan mendirikan bagian pertama bangunan di kastil tersebut. Kastil kemudian diperbaiki oleh Lord Percy of Alnwick pertama di awal 1300-an dan bagian-bagian bangunan itu masih terlihat sampai saat ini. Mereka adalah Menara Abbot, the Middleway Gate, dan Menara Constable.

Katanya sih dari yang mimin baca pelajar dapet diskon tuh kalau masuk ke kastil ini. Dari tempat pembelian tiket menuju gerbang Kastil Alnwick cukup jauh, sekitar 300 meteran. Kastil yang pernah dipakai menjadi sekolah sihir di film Harry Potter.

Kastil itu terdiri dari beberapa bangunan. Ada yang digunakan sebagai tempat tinggal keluarga pemilik kastil, ada yang dijadika museum militer yang berisikan kisah-kisah peran tentara Inggris dalam berbagai pertempuran, sampai tempat di mana anak-anak bisa bermain dan orang-orang bisa mengenakan pakaian model abad pertengahan.

Ada juga patung tokoh-tokoh dalam film Harry Potter, selain tentunya beragam permainan zaman dulu yang disediakan pengelola. Ada kafe nya juga didalemnya loh..

Bagi pecinta dan pemburu sovenir, ada satu bangunan yang menjual beragam pernak-pernik tentang Kastil Alnwick, mulai dari pensil, boneka, buku, sampai kaos dan topi.

Pengunjung juga bisa naik menara kastil dan bergaya bak tentara yang menjaga benteng tersebut di atas bangunan pertahanan yang ada pada setiap lingkaran luar kastil. Lapangan dengan rumput hijau luas pun terbentang di dalam area kastil.

Ada yang bermain panah seperti Robin Hood, bisa juga bermain sepak bola. Paling tidak, untuk keliling kastil, Anda perlu bawa minum cukup dan makanan ringan. Cukup melelahkan.

alnwick-castle-pictures-900x675

Tidak jauh dari istana  dengan istana, Ratu Northumberland (pada tahun 2003),  Jane , telah memprakarsai pembentukan Taman Alnwick, taman formal yang diatur disekitar air mancur Cascading. Taman ini mahal lohh sisbro, buat bikinnya aja memakan biaya atau seharga £ 42.000.000 (press release of 7 August 2003). Gokill Indah Bang’3EtZz

3. Ashford Castle 

ashford-castle-photos-1280x960
Kastil Ashford adalah Kastil kuno yang disulap dan menjadi hotel mewah berbintang 5 pada tahun 1939. Dengan luas 350 hektare di sepanjang pantai Lough Corrib, Ashford telah ada sejak 1228. Benteng batu dengan 83 kamar abu-abu ini pernah menjadi milik keluarga Guinness (ya, seperti bir).

Ashford telah menarik perhatian selebriti dan wisatawan, bukan hanya untuk merasakan pengalaman makan dan pelayanan yang baik, tetapi juga udaranya yang segar. Berbagai kegiatan yang bisa Anda lakukan di hotel ini ialah berkuda, menembak, memanah, dan golf.

Biaya menginap untuk double room mulai dari US$139 (sekitar Rp1,22 juta) per orang per malam. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi situs ashford.ie. Hm….. Bisa dicoba tuhhh brosis kalau lagi ada duit hehehe :D

4. Bodiam Castle

bodiam-castle-1024x575

Bodiam Castle adalah kastil abad ke-14 yang dikelilingi parit  yang terletak dekat Robertsbridge di East Sussex, Inggris. Dibangun pada tahun 1385 oleh Sir Edward Dalyngrigge, mantan ksatria Edward III, dengan izin Richard II, seolah-olah untuk membela daerah terhadap invasi Perancis selama Perang Seratus Tahun.

Berbentuk Quadrangles, Bodiam Castle memiliki berbagai ruang yang dibangun di sekitar tembok pertahanan luar dan lapangan dalam. Sudut-sudut bangunannya dan pintu masuk ditandai dengan menara.

Strukturnya, mendetail dan pemandangan berair buatan menunjukkan bahwa tampilan merupakan aspek penting dari desain benteng layaknya pertahanan. Istana Bodiam merupakan  rumah keluarga Dalyngrigge.

5. Château de Chambord

Chateau-de-Chambord-picture-1280x956

Chambord merupakan biara terbesar dan termegah di lembah Sungai Loire. Ia memiliki sejarah 500 tahun lebih. Bersama Kastil Chenonceau, penduduk sekitar lebih suka menobatkannya sebagai raja dan ratu kastil kuno Prancis. Akhirnya para raja dan bangsawan Prancis berturut-turut mendirikan istana-istana berburu di tempat itu, bahkan acap kali juga memindahkan pemerintahannya ke tempat tersebut.

Chambord merupakan istana berburu yang didirikan oleh Bapak Seni dan Sastra, Raja Fransoir I, pada 1519. Untuk memamerkan kekuasaan maupun kekayaannya, ia mengundang seniman besar Leonardo da Vinci dan lainnya mengusung kesenian cemerlang dan gaya bangunan dari zaman Renaissance Italia ke Prancis, guna menancapkan fondasi bagi Renaissance di Prancis. Chambord dipandang sebagai harta karun nasional Prancis, dan pada 1981 dimasukkan ke dalam daftar Warisan Budaya Dunia.

Panjang dan lebar kastil kuno itu masing-masing 100 meter lebih, sangat indah. Kastil utama terletak persis di tengah, dan di kedua sisinya terdapat 6 buah bangunan sudut raksasa berbentuk kerucut. Selain bentuk kastil yang bulat dengan atap runcing, terdapat pula 365 buah cerobong asap dengan ukiran yang rumit dan cantik.

Sungai kota mengelilingi empat penjuru kastil, hutan besar sebagai latar belakang dan didepannya terbentang taman besar, pohon hijau, bunga segar, patung ukir dan air danau yang bening memberi kenikmatan visual yang optimal bagi para pengunjung. Kalo udah sukses ane kesana ahh… Aminnnnn…. :)

6. Coca Castle

coca-castle-600x473

Coca Castle dibangun pada abad ke-15 untuk Uskup Agung Alonso de Fonseca I. dianggap sebagai salah satu kastil terbaik di Spanyol.

Kastil ini memiliki struktur menara “plaster” dan bata merah, dikelilingi oleh parit yang dalam. Konstruksi berakhir pada tahun 1453 , dan menjadi kastil yang mengesankan di tengah kota .

Kastil Ini, diperuntukkan sebagai House of Alba, kini menjadi obyek wisata, yang telah terdaftar sebagai situs sejarah oleh pemerintah sejak 1931.

7. Mont Saint-Michel

mont-saint-michel-pictures-900x600

Mont Saint-Michel adalah sebuah pulau berbatu dan sebuah komune di Normandia, Perancis. Kota ini terletak sekitar satu kilometer (lebih dari setengah mil) di lepas pantai utara-barat negara itu, di mulut Sungai Couesnon dekat Avranches.

Mont-Saint-Michel dan teluknya adalah bagian dari daftar UNESCO World Heritage Sites.
Lebih dari 3.000.000 orang mengunjungi setiap tahun

Pada tahun 2004 Film Walt Disney yang berjudul Mickey, Donald, Goofy: The Three Musketeers, Mickey dikunci di Mont Saint-Michel dan dibiarkan tenggelam ketika air pasang naik. Buat yang udah nonton filmnya pasti taudeh dimana.

Oiya satu lagi nihh, Salah satu Maps Multiplayer di Assassin Creed: Brotherhood merupakan replika dari Mont Saint-Michel. Hal ini juga muncul dalam Assassin Creed: Revelations sebagai encore.

8. Hradcany Castle

Prague-Castle-at-Night-1280x834

Kastil Hradcany terletak di bukit atas Sungai Vltava, Praha, Republik Ceska. Kastil yang merupakan monumen nasional bangsa Ceska adalah merupakan kastil terbesar di dunia (menurut Guinness Book of Records kastil kuno terbesar)  dengan panjang sekitar 570 meter  lebar sekitar 130 meter

Kastil ini berisi bangunan-bangunan yang dibuat dari abad pertengahan. Kastil ini didirikan oleh seorang pangeran pada abad ke-9 dan telah dipugar dan diperluas beberapa kali. Itulah Sebabnya, kini kastil tersebut menyerupai kota yang terletak didalam kota. Dan Kini kastil menempati area seluas 267.500 meter persegi. Didalamnya terdapat Gothic St Vitus Cathedral, Basilika Romawi St George, sebuah biara dan beberapa istana, taman dan menara pertahanan yang beberapa bangunannya dibangun pada abad yang berbeda. Sebagian besar daerah benteng terbuka untuk turis.

9. Matsumoto Castle

matsumoto-castle-picture-900x570

Kastil Matsumoto juga dikenal sebagai “Kastil Gagak” karena eksterior hitam, adalah salah satu kastil bersejarah utama di Jepang. Kastil ini terletak di kota Matsumoto, di Nagano Prefecture dan mudah dijangkau dari Tokyo melalui jalan darat atau kereta api.

Matsumoto Castle adalah kastil dataran (hirajiro) karena tidak dibangun di atas bukit atau di tengah sungai, tapi di dataran.

Pertahanan lengkap akan mencakup sistem ekstensif seperti dinding yang saling berhubungan, parit dan pos-pos penjagaan

10. Forbidden City

Forbidden-City-1280x960

Banyak bekas istana imperium raksasa di dunia. Namun, bekas istana kekaisaran RR China, Forbidden City (Kota Terlarang) menjadi salah satu yang terbesar, termegah, terindah, dan terpopuler.

Kota Terlarang dibangun dengan perencanaan yang sangat matang. Pembangunan fondasi yang menelan waktu hingga 14 tahun dipandang sangat wajar.

Istana yang didirikan pada abad 13 ini menjadi amat masyhur karena menyimpan banyak peristiwa bersejarah, kejayaan, kepedihan yang amat sangat hingga pada cerita penuh misteri.

Kota Terlarang, atau biasa disebut Gu Gong (bekas istana) ini terletak di jantung kota tua Beijing, berhadapan langsung dengan lapangan Tienanmen dan Chang An Avenue. Siapapun yang datang ke Beijing, belum “sah” disebut datang ke kota berpenduduk 20 juta jiwa itu kalau belum datang atau sekadar lewat di seberangnya.

Data yang diperoleh menyebutkan, setiap tahun 40 juta turis asing datang ke kota ini dan di antaranya untuk melihat langsung istana seluas 720.000 meter persegi itu.

Hal paling menarik dari istana ini tentu saja sejarahnya, dan semua cerita yang melatarbelakanginya. Misalnya dibangun lebih tujuh abad lalu, hingga kini tegak. Fondasinya saja dikerjakan 14 tahun, bangunannya mencapai 800 buah, dengan 8.000 ruangan! Ada 24 kaisar yang pernah bertahta di sana.

Banyak cerita tentang kaisar yang hebat, tetapi ada juga cerita kepedihan, yakni kaisar paling “populer”, Pu Yi (7 Februari 1906-17 Oktober 1967), kaisar terakhir, yang tumbang dari kursinya tahun 1912.

Kehidupan Pu Yi penuh riak dan warna. Ia di antaranya sempat ditahan selama 15 tahun, kemudian diampuni (1959). Ia sempat beberapa kali ditolong oleh salah seorang perdana menteri terbaik yang pernah dimiliki China, Zhou Enlai. Pu Yi kemudian menjadi bagian dari rakyat jelata, hingga meninggal karena penyakit ginjal dan jantung.

Kota Terlarang dibangun dengan perencanaan yang sangat matang. Pembangunan fondasi yang menelan waktu hingga 14 tahun dipandang sangat wajar karena demikian luasnya proyek itu.

Sebaliknya, dengan kepandaian yang belum sebaik sekarang, para pekerja istana itu mampu merampungkan istana kekaisaran China, dengan hasil demikian spektakuler. Kalau bisa dibuat nilai, pelaksanaan atau pengerjaan proyek ini dapat nilai sepuluh. Detil dan cita rasa seni bangunan masing-masing dapat sepuluh pula.

Secara sepintas komplek istana menakjubkan tersebut menelan bahan yang “gila-gilaan”. Balok sebagai pilar saja, amat besar, untuk menopang bangunan yang demikian besar dan penuh asesori. Pintu gedung, maupun dinding dan jendela, dibuat dari kayu yang tebalnya antara 20 cm sampai hampir 80 cm.

Kalau dibuat komparasi dengan keadaan sekarang, bangunan tersebut bisa dikatakan boros bahan, tidak efisien, dan “makan tempat”. Namun dengan keadaan pada abad 13 dan 14, teknologi yang digunakan di istana itu memang sudah luar biasa maju.

Sisi yang juga amat menawan adalah detil bangunan, dinding dan lantai. Betapa tidak takjub warga dunia melihat sebagian lantai komplek Kota Terlarang dibuat dari pualam yang dipahat atau diukir.

Ada juga ribuan patung dari perak dan perunggu yang dikerjakan penuh kesabaran selama bertahun-tahun. Ada puluhan ribu batu granit yang dibentuk sedemikian rupa sehingga enak dijalani, enak dijadikan tempat pijakan, dan duduk-duduk. Inilah kemudian yang menjadi salah satu sumber kekaguman publik dunia: sebuah istana, dikerjakan sepenuh hati dan masih tampak demikian kokoh dan gagah hingga hari ini.

Okee brosis itu semua tadi Istana/ Kastil terindah di dunia, mungkin masih banyak ya yang indah, tapi buat gue itu yang terindah…. Thanks For Reading Brosis! Iniceritague, Mana cerita lau? #yaslaayyyyyyy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Visit Us On TwitterCheck Our Feed