All About “Kecelakaan”

202279_motor-uje-rusak-parah-akibat-kecelakaan_663_382

Inalillahi Wa InaIlaihi Roji’un, kabar duka lagi-lagi datang yaa buat orang Indonesia. Uje alias Ustadz Jefri meninggal dunia di usianya yang ke 40 tahun dalam kecelakaan motor.  Tragis banget ya menurut gue kejadiannya begitu mendadak. Semoga aja yaa Uje diterima di sisi Allah S.W.T amiin…

oke kali ini berhubungan dengan kecelakaan gue bakal ngeshare tips apa aja buat menghindari kecelakaan dan tindakan yang harus dilakuin bila ada kecelakaan.

A. PENYEBAB:

1. Mengantuk

images (1)

Mengantuk ini bahaya banget emang kalo dipaksain tetep berkendara. Karena Tingkat kewaspadaan seseorang akan berkurang sangat signifikan dalam keadaan mengantuk. Refleks untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diharapkan tentu akan berkurang dalam kondisi seperti ini. Sangat tidak disarankan berkendara saat mengantuk, baik karena kelelahan ataupun efek samping obat. Oiya alau misalnya kondisi lagi flu berat atau pusing juga disaranin jangan nyetir deh. Karena kalau flu berat dan pusing juga bisa menurunkan tingkat konsentrasi tuh….

 2. Pengaruh Alkohol, Narkotika, dan Sejenisnya.

mabuk-minuman-keras-miras

Beberapa kecelakaan maut di Jakarta diawali oleh penyalahgunaan narkotika dan bahan berbahaya, termasuk di bawah pengaruh alkohol. Bahan-bahan terlarang itu bisa menyebabkan halusinasi, menurunnya kewaspadaan dan refleks untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga selama berkendara. Banyak juga kan kejadian kecelakaan garagara si pengendara mobilnya make alkohol atau narkotika, kayak Afriyanie yang nabrak berapa orang tuh…

 3. Penggunaan ponsel

images (2)

Seseorang bisa kehilangan konsentrasi saat berkendara jika sibuk memainkan telepon seluler atau ponsel. Jangankan mengetik SMS, sekedar telepon pun bisa membuat seseorang kehilangan fokus, apalagi hp nya diselipin di helm, kalo jatoh kan hpnya lumayan, terus kita ga konsen, kitanya juga jatoh, kan lumayan. Dalam beberapa kasus, telepon dengan menggunakan bebas genggam pun masih bisa membuat seseorang nyasar dari tujuan utamanya, saking tidak fokusnya.

 4. Emosi

angry

“Kalau emosi dan tidak bisa ditahan biasanya kan jadi tidak fokus akhirnya refleknya menjadi lambat untuk menghindari kalau tiba-tiba ada yang menyelip atau menyebrang. Kalau menyetir tetapi sedang depresi atau berfikir juga bisa menjadi penyebabnya karena jadi merusak konsentrasi,” kata dr Rimawati yang juga seorang dokter spesialis saraf.

 5. Serangan jantung

heart_attack_symptoms

Tidak heran jika berbagai risiko serangan jantung seperti hipertensi dijuluki sebagai silent killer, sebab tidak ada gejala hingga tiba-tiba menyebabkan kematian. Kecelakaan di jalan raya bisa juga disebabkan oleh serangan jantung yang risikonya tidak pernah disadari sebelumnya. Itulah pentingnya melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

B. Cara Menanggulangi Korban Kecelakaan : 

184534_ambulansts

Pertama, Pastikan kita langsung panggil ambulans, atau jika rumah sakit dekat bisa juga langsung dibawa ke rumah sakit,
Jika lokasi rumah sakit cukup jauh dari tempat kejadian, disarankan untuk melihat kondisi korban. Sesudah itu, posisi korban dikembalikan ke posisi anatomis, yaitu telentang dengan posisi lengan di samping tubuh.

Langkah berikutnya, adalah memeriksa jalan napas korban, apakah tersendat atau tidak. Bila tersendat, lancarkan dengan cara sedikit mengankat dagu atau mendongakkan kepalanya. Namun sebelumnya, pastikan dulu apakah lehernya aman untuk digerakkan, jangan langsung aja kalo ternyata lehernya patah malah tambah berabe brosis.

Tidak kalah pentingnya, periksa ada tidaknya perdarahan pada tubuh korban. Jika ada, tutup lukanya agar darah tidak terus menerus keluar. Setelah itu semua dilakukan, barulah korban bisa dipindahkan ke kendaraan lalu diangkut ke rumah sakit terdekat. Dari yang mimin bacaa, Yang penting posisikan tubuhnya selalu dalam posisi anatomis, sebab jika posisi tubuhnya tidak anatomis maka kondisi dalam tubuhnya bisa terus mengalami luka
Kebanyakan korban kecelakaan lalu lintas meninggal akibat benturan keras di kepala. Penyebab lainnya adalah perdarahan di berbagai organ tubuh, serta patahnya tulang rusuk yang menusuk organ dalam seperti jantung dan paru-paru.

Patah Tulang Karena Kecelakaan? Ini yang Harus Dilakukan

Di kota-kota besar yang dipadati kendaraan, peristiwa kecelakaan lalu lintas bisa dibilang terjadi hampir setiap hari. Salah satu cedera yang sering terjadi akibat kecelakaan adalah patah tulang. Kondisi ini membutuhkan penanganan serius dan hati-hati.

Patah tulang sendiri terdiri dari berbagai jenis. Penanganannya tergantung pada jenis dan tingkat keparahan cedera yang dialami. Saat menemui korban kecelakaan dan ingin menolong, perlu diketahui beberapa hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan agar cedera tidak bertambah parah.

Yang pertama perlu dilakukan kepada korban patah tulang adalah memposisikan korban agar kondisi tulangnya yang patah kembali normal. Setelah mengalami kecelakaan, korban biasanya mengalami nyeri yang hebat sampai mengalami kondisi shock, jadi apabila tulangnya dinormalkan, ia tidak akan merasakan nyeri.

Walau begitu, cara ini sebaiknya hanya dilakukan oleh tenaga medis yang berpengalaman. Untuk masyarakat awam yang tidak tahu cara menangani pasien patah tulang, sebaiknya korban tidak diotak-atik sebab tindakan yang dilakukan justru bisa membuat kondisi korban bertambah parah. Nahh kalo mau alternatif bisa dateng ke Jl. Haji Na’im , Cipete tuhh :p

Setelah mengetahui kemungkinan patah tulang, korban sebaiknya dipindahkan ke tempat yang aman. Proses ini membutuhkan kehati-hatian sebab memindahkan tubuh korban berisiko bisa menggeser posisi luka dan tidak disarankan memindahkan korbannya sendirian

Dari sumber yang mimin baca, cara aman pindahkan korban adalah angkat dalam posisi anatomis, yaitu telentang dengan kedua lengan di samping secara bersama-sama oleh minimal 4 orang perlahan-lahan dan serentak. Jangan ada bagian tubuh yang terjuntai

C. Cara Menghindari Kecelakaan : 

bmw-crash-helmet

- Jangan habis mabuk-mabukan
- Jangan berkendara saat sedang sakit dan setelah minum obat
- Gunakan pelindung, seperti helm berstandar SNI, dan juga pada mobil jangan lupa memakai Seat Belt.
- Kendalikan emosi
Seringkali orang yang sedang marah atau sedih akan mengendarai kendaraannya dengan asal, sehingga berisiko kecelakaan
- Jangan gunakan gadget selama berkendara

Nahh itu dia yang ane mau share, semoga bermanfaat Brosis! Good Night and Thanks for Reading!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Visit Us On TwitterCheck Our Feed