Fakta- Fakta Tentang Menara Eiffel

paris_pic

Oke gue nemuin buku ensiklopedia pas gue masih kecil, dan isinya menurut gue sangat bermanfaat nih brosis, kali ini yang gue pengen tulis adalah fakta-fakta tentang pembangunan menara Eiffel. Siapa sih yang gatau menara Eiffel? Menara ini Ikonnya kota Mode Paris, sekaligus negara Perancis. Banyak banget film yang ngambil latar di kota Paris dan pasti ada Eiffelnya. Tapi apa ajasih fakta-fakta dibalik pembangunan menara Eiffel ini? Nih langsung ajaa….

1. Menara Eiffel, Monumen Besi Tempa

220px-Maurice_koechlin_pylone

Apasih menurut kalian yang bikin Eiffel tuh mengaggumkan? Yang pasti karena indah,romantis, selain itu tau ga sih kalian kalo Eiffel ini mengalahan rekor bangunan tertinggi di dunia pada akhir abad 19 yang waktu itu dipegang oleh Monumen Washington dengan tinggi 169 meter, kemudian menara Eiffel dengan tingginya 300 meter. Jadi ga heran kalau Menara Eiffel sangat mengaggumkan pada masa itu. Kemudian Eiffel melawan tradisi zamannya. Saat itu Baja merupakan bahan bangunan terkuat, namun sang perancang Eiffel, Alexander Gustav Eiffel justru menggunakan besi tempa. Oleh karena itu karya seni dari kerangka besi tempa yang menjulang tinggi tersebut dianggap sebagai simbol zaman keemasan ilmu pengetahuan dan seni. Nah rekor gedung tertinggi ini direbut sama Menara Chrysler di Amerika Serikat mengungguli tingginya 18 meter, namun kemudian pada tahun 1959 menara Eiffel kembali meninggi berkat adanya antena pemancar radio yang membuat tingginya menjadi 320 Meter (ada yang menyebutkan antena nya setinggi 24 Meter).

2. Berat Eiffel 9.000 ton!

construction_eiffel_tower_050505

Bahan yang digunakan dalam pembangunan Menara Eiffel adalah tentunya yang paling banyak adalah besi tempa, yang jumlahnya 18.038 komponen. Untuk menyatukannya saja diperlukan 2,5 juta paku bro! (Yang gue bingung ngitung pakunya gimana yak?). Nah seluruh komponen Eiffel ini kalau dijumlah beratnya mencapai 9.000 ton, dan juga pada musim panas, karena pemuaian tinggi Eiffel akan mertambah sedikit, yaitu 17cm

3. Pembangunan Super Kilat!

2cfacbc82cb7ce597f440286735af0b4

Gustave Eiffel menandatangani kontrak untuk membangun menara Eiffel tanggal 8 Januari 1887. Menara mulai dibangun pada bulan Januari dan selesai hanya dalam waktu 1 tahun 1 bulan, yaitu selesai pada bulan Mei 1889. Kekuatan Konstruksi bangunan sangat matang diperhitungkan. Anjungan pertama tigginya 57 meter, memiliki empat kaki yang saling dihubungkan dengan lengkungan dekoratif. Di anjungan kedua yang tingginya 115 meter, kaki itu bener-bener jadi satu brosis, sedangkan anjungan ketiga yang tingginya 276 meter dipsangi teras. Batang besi penguat dipasang di persilangan, yang menyebarkan bobot secara merata, Canggihh!!

4. Kuat dan Tahan Angin

3009585649_7c54e6610f

Eiffel ini pada awalnya didesain cuma dapat bertahan pada usia nya yang ke-20 tahun,  ternyata diluar dugaan dapat bertahan selama lebih dari 120 tahun… Konstruksi Eiffel sendiri emang dibuat tahan angin. Hal ini terbukti saat ada angin topan berkekuatan 160 km/jam di tahun 1977, puncak menara Eiffel cuma bergoyang 15 sentimeter!

5. Kunjungan Hitler dan Thomas Alva Edison

0510

Hitler sendiri sebelum menyerahnya Paris kepada German di Perang dunia kedua, orang-orang Perancis itu sendiri mensabotase menara Eiffel agar musuh alias pasukan Hitler tidak bisa menikmati pemandangan kota Paris dengan mematikan atau merusak sistem elevator atau lift dari Eiffel tersebut. Namun Hitler ga males lohh brosis, akhirnya si Hitler naik ke puncak Eiffel dengan menggunakan tangga dan jalan kaki. Setelah Paris dibebasin sama pasukan sekutu di tahun 1944, lift ini diperbaikin dan pasukan sekutu dibebaskan untuk naik keatas Eiffel.

Sedangkan ilmuwan dan penemu Thomas Alva Edison berkunjung ke Eiffel dan sangat takjub dengan menara ini. Di buku tamu dari menara Eiffel dia menuliskan

“Monsieur Eiffel, engineer, builder of great brave and extraordinary creations of modern engineering from someone who is respected and admired by all engineers, including the Great Engineer of the Lord God. Thomas Edison. ” – Thomas Alva Edison

6. Terdapat Studio Pribadi Gustave Eiffel

Gilbert-Martin_Gustave-Eiffel-1832-1923-with-his-best-known-construction-the-Eiffel-Tower

Di puncak menara Eiffel sendiri terdapat studio pribadi milik Gustave Eiffel yang dilengkapi dengan perabot mewah, karena berkat jasanya nama menara ini juga menggunakan nama belakangnya, “Eiffel”. Setiap 7 Tahun menara Eiffel ini sendiri dicat dengan sekitar 45- 60 ton cat setiap kali pengecatan dan sesungguhnya warna yang digunakan adalah perpaduan dari 3 warna, warna yang gelap adalah warna yang digunakan pada bagian dasar Eiffel, sedangkan semangkin keatas semangkin terang.

7. Menjadi Tempat Iklan Terbesar dan Penolakan Eiffel

0811

Nah pada tahun 1925-1934 Citroën automobile menggunakan sisi keempat Eiffel sebagai Billboard, dan itu membuatnya Sebagai iklan terbesar di jamannya. Pada saat dua bulan setelah pembangunan konstruksi menara, sekelompok Pujangga dari Paris menyampaikan petisi kepada pemerintah agar menghentikan pembangunan Eiffel. Mereka menilai Eiffel sebagai “yang memalukan Paris” dari segi estetika bangunan. Namun pembangunan Eiffel terus berjalan dan setelah Eiffel selesai dibangun, malah Eiffel yang membuat bangga sekaligus ikon Paris bukan?

Nah segitu dulu fakta-fakta tentang pembangunan menara Eiffel, sumbernya sih ane ambil dari Ensiklopedi yang ane punya, dan Sini. Thanks For Reading Brosis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Visit Us On TwitterCheck Our Feed